Pengertian Multimedia
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,
animasi, dan video dengan alat bantu [tool] dan koneksi [link], sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering di gunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga di adopsi oleh dunia game.
Pada awalnya multimedia hanya
mencangkup media yang menjadi komsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks,
gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik
(gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai
memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi
yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Baru mulai menjadi bagian dari
multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi.
Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil
digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia
perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini
mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output
berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan
menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai
pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Definisi Multimedia
Panduan untuk
mengetahui multimedia harus dimulai dengan definisi atau pengertian multimedia.
Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen
yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996) atau multimedia adalah
kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini
dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
(Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang menciptakan presentasi
yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio
dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
Definisi lain
dari multimedia yaitu dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang
dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan
menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi
ini terkandung empat komponen penting multimedia.
1.
Pertama, harus
ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang
berinteraksi dengan kita.
2.
Kedua, harus
ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.
3.
Ketiga, harus
ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling
terhubung.
4.
Keempat,
multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan
mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri.
Jika salah satu
komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya
jika tidak ada komputer untuk berinteraksi maka itu namanya media campuran,
bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan
dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang
memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan
multimedia. Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan
menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Dari definisi
diatas, maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia yang offline
(tradisional).
Sejarah Multimedia
Istilah
multimedia berawal dari teatre, bukan komputer, pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Multimedia
memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang lebih
kaya daripada media tabel dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar
3 dimensi, foto video bergerak, animasi dan mendengar suara stereo. Output
multimedia sekarang inikita jumpai dimana-manaantara lain cover majalah, video
game film dll. Selain itu pula multimedia digunakan sebagai alat untuk
meningkatkan bersaing. Secara umum multimedia merupakan kombinasi tiga elemen,
yaitu suara, gambar dan teks, definisi lain dari multimedia, yaitu dengan
menempatkanya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh hofstter(2001),
multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
0 komentar:
Posting Komentar